Materi 7
Interaksi Manusia dan Komputer
Ragam Dialog
- Inisiatif
- Keluwesan
- Kompleksitas
- Kekuatan
- Beban informasi
- Konsistensi
- Umpan balik
- Observabilitas
- Kontrolabilitas
- Efisiensi
- Keseimbangan
- manusia ;dpt menangani berbagai persoalan yang berurusan dengan perubahan lingkungan, pengetahuan tdk pasti dan tdk lengkap.
- komputer dpt melakukan pekerjaan yang berulang dan rutin, penyimpanan dan pencarian data yang handal dan memberikan hasil komputasi yang sangat akurat
- Dialog Berbasis Perintah Tunggal
- Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman
- Antarmuka Berbasis Bahasa Alami
- Sistem Menu
- Dialog Berbasis Pengisian Borang
- Antarmuka Berbasis Ikon
- Sistem Windows
- Manipulasi Langsung
- Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
- Menggunakan urutan dialog yang simple dan alami
- Menggunakan bahasa user
- Meminimalkan user memory load
- Konsisten
- Menyediakan Feedback
- Menyediakan shortcuts
- Menyediakan pesan error yang baik
- Mencegah errors
- Pilihlah kata kunci yang mudah diingat
- Gunakan format perintah yang konsisten
- Gunakan untaian kata yang pendek
- Tambahkan fasilitas (help)
- Gunakan nilai-nilai default untuk mengurangi kesalahan ketik
- Sediakan pesan-pesan yang jelas, dan jika masih banyak kesalahan yang muncul
- Gunakan ragam inisiatif oleh komputer
- Status
- Shortcut, kombinasi tombol2 khusus misal :Ctrl + N
Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan untuk meminimalkan beban ingatan dan kesalahan pengetikan yaitu:
- Pilihlah kata kunci yang mudah diingat
- Gunakan format perintah yang konsisten
- Gunakan untaian kata yang pendek
- Tambahkan fasilitas (help)
- Gunakan nilai-nilai default untuk mengurangi kesalahan ketik
- Sediakan pesan-pesan yang jelas, dan jika masih banyak kesalahan yang muncul
- Gunakan ragam inisiatif oleh komputer
Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman
Dialog berbasis bahasa pemrograman merupakan ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah kedalam suatu berkas yang sering disebut batch file. Perintah yang dituliskan tidak harus menggunakan salah satu bahasa pemrograman baik aras rendah maupun aras tinggi seperti assembler, Pascal, C, FORTRAN atau BASIC, tetapi tetap harus mengikuti aturan-aturan tertentu.
Dialog Berbasis Bahasa Alami
Dialog berbasis bahasa alami merupakan dialog yang menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh manusia. Contoh : cetak data mahasiswa yang memiliki ipk > 3.0. Kemudian bahasa tersebut diterjemahkan ke dalam instruksi yang ekuivalen yang bisa di mengerti komputer, seperti turbo Pascal.
while not eof (T) do
begin
readln(T,S) ;
if S.IpSem > 3.0 then
writeln(S.NamaMahasiswa);
end;
Keuntungan menggunakan dialog berbasis bahasa alami yaitu :
- tidak memerlukan sintaksis khusus
- luwes dan powerful
- alamiah
- menggunakan inisiatif campuran
Kerugiannya yaitu:
- mempunyai dualisme
- bertele-tele
- Opaque (tidak jelas)
- perancangan perangkat lunak yang rumit
- tidak efisien
Sistem Menu
Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas. Jenis menu dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1. Menu-menu Tunggal
- Mnemonic letters : pilihan item menggunakan huruf awal dapat berupa angka, huruf atau campuran angka dan huruf. User harus memasukkan pilihan sesuai dengan format yang diberikan.

- Radio Buttons : tampilan menu dengan bentuk radio button. User harus memilih salah satu pilihan yang disediakan.

- Button Choice : tampilan menu dengan menggunakan bentuk tombol/button. User meng-klik salah satu tombol pada tampilan menu.

- Multiple selection menus atau check boxes : tampilan menu dengan itemnya diseleksi dapat lebih dari satu.
- Pop-up menus atau context menus : tampilan menu yang diaktifkan dengan mengklik tombol kanan mouse pada area yang ditentukan.

- Scrolling list box choice : tampilan menu dengan menggunakan bentuk listbox.
- Scrolling combo box choice : tampilan menu dengan menggunakan bentuk combobox.
- Trackbar menu atau alpha slider menu : tampilan menu yang itemnya dipilih dengan menggeser penunjuknya.
- Embedded links/ Hyperlinks : tampilan menu dengan item-item disusun tidak beraturan atau mengikuti alur cerita, contoh : tampilan browser, help windows.
- Main menu, iconic menus, toolbars atau palletes : menu yang digabung dengan icon-icon.
2. Linear Sequences dan Multiple Menus
Menu yang memandu pengguna untuk proses yang kompleks, contoh : clue cards atau “Wizards”.
3. Tree-structured Menus
Menu ini terdiri dari : Tree View Menus, List View Menus, Tree structured menu (Tree View dan List View) pada tampilan Windows Explorer.

Strategi untuk mengelompokkan menu dengan cara :
- Pengategorian, pilihan dari tipe yang serupa ditempatkan bersama
- Urutan yang lazim, contoh : nama hari dalam seminggu
- Jumlah pemakaian, pilihan yang sering digunakan terletak dekat dengan bagian atas dari menu.
- Pastikan tidak ada item menu yang duplikasi atau overlapping.
Keuntungan menggunakan sistem menu yaitu :
- Memerlukan sedikit pengetikan
- Beban memori rendah
- Struktur terdefinisi dengan baik
- Perancangan yang mudah
Kerugiannya yaitu :
- Seringkali lambat
- Memakan ruang layar
- Tidak cocok untuk aktifitas Pemasukan data
- Tidak cocok untuk dialog terinisasi pengguna
- Tidak cocok untuk dialog terinisasi campuran
Dialog Berbasis Pengisian Borang
Dialog berbasis pengisian borang (form filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian borang dalam kehidupan sehari- hari ke dalam sistem komputer. Kualitas antarmuka berbasis pengisian borang tergantung pada tiga aspek yaitu:
- Tampilan pada layar monitor yang mencerminkan struktur data masukan yang diperlukan oleh sistem.
- Kejelasan perancangan dan penyajiannya secara visual pada layar monitor.
- Derajat kebenaran dan kehandalan penerimaan data masukan oleh program lewat berbagai fasilitas pemasukan data yang ada di dalam borang tersebut.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan tampilan borang yaitu :
- Proteksi tampilan, pembatasan tampilan yang tidak dapat diakses pengguna.
- Batasan medan tampilan, penentuan panjang yang tetap atau berubah, menggunakan format bebas atau tertentu.
- Isi medan, petunjuk pengisian tampilan.
- Medan opsional, dinyatakan secara tekstual atau menggunakan aturan tertentu, seperti penggunaan warna berintensitas rendah, warna tampilan yang berbeda, dan lain-lain.
- Default, tentukan tempatnya, apakah pada bagian yang tidak dapat diakses pengguna ataukah pada bagian pemasukan data.
- Bantuan, bantuan (help) cara pengisian borang.
- Medan penghentian, masukan data dapat diakhiri dengan menekan tombol Enter atau Return atau mengisi karakter terakhir dengan karakter tertentu atau dengan cara berpindah ke medan lain.
- Navigasi, menggunakan tombol Tab untuk urutan yang tetap, atau dapat pula digerakkan secara bebas menggunakan mouse.
- Pembetulan kesalahan, menggunakan tombol Back Space dengan menindihi (overwrite) isian lama, dengan jalan membersihkan dan mengisi kembali medan tersebut, dan lain-lain.
- Penyelesaian. memberitahu pengguna bahwa seluruh proses pengisian telah selesai.

Keuntungan ragam dialog berbasis borang yaitu :
- pengguna sudah terbiasa dengan pengisian borang
- isian data yang disederhanakan
- beban memori rendah
- strukturnya jelas
- perancangan mudah
- tersedia berbagai piranti bantu perancangan tampilan
Kerugian ragam dialog berbasis borang yaitu :
- seringkali lambat
- memakan ruang layar
- tidak cocok untuk pemilihan perintah/instruksi
- memerlukan pengontrol kursor
- mekanisme navigasinya tidak terlihat secara eksplisit
- memerlukan suatu bentuk pelatihan
Dialog Berbasis Ikon
Dialog berbasis ikon adalah ragam dialog yang banyak menggunakan simbol-simbol dan tanda-tanda untuk menunjukkan suatu aktifitas tertentu.Dialog berbasis ikon seperti pada gambar di bawah:

Permasalahan yang muncul adalah bagaimana menentukan seberapa tepat arti suatu nama atau ikon. Dari sudut pandang psikologi dianggap bahwa mereka harus dipilih berdasarkan seberapa lazim atau diimajinasikan Namun hal ini tidak sederhana, masalahnya adalah dengan menggunakan kata-kata yang lazim atau mudah diingat. Hal ini menjelaskan bahwa kata tersebut dapat membingungkan jika digunakan dalam kawasan komputasi.
Keuntungan dialog berbasis ikon yaitu:
- gambar bersifat umum
- mudah diingat dan dipelajari shg mempertinggi kinerja pengguna
- tidak bergantung pada suatu bahasa.
Kerugiannya yaitu:
- cenderung membingungkan
- boros tempat dan sangat tidak efektif
Sistem Windows
Sistem penjendelaan adalah sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi ke dalam bagian-bagian layar yang tidak saling mempengaruhi. Jenis-jenis jendela yaitu:
- Jendela TTY : jendela paling sederhana.
Contohnya adalah ketika anda berada pada dot prompt.
- Time-Multiplexed Windows : jendela yang dapat digeser (scrollable windows), dan frame-at-a-time windows.
Contoh : text editor atau menu tarik
- Space-Multiplexed Windows : lebar layar dibagi menjadi beberapa jendela dengan ukuran yang bervariasi.
Contoh : Microsoft Windows XP
- Jendela non Homogen : jenis jendela yang tidak dapat dikelompokkan dalam jendela-jendela diatas.
Contoh : ikon dan zooming window
Pemanfaatan sistem penjendelaan yaitu :
- Penampilan lebih banyak informasi
- Pengaksesan lebih banyak sumber informasi
- Pengkombinasian berbagai sumber informasi
- Pengontrolan bebas atas sejumlah program
- Pengingatan
- Command context/active form
- Penyajian jamak
Manipulasi Langsung
Manipulasi langsung merupakan Ragam dialog yang menyajikan langsung suatu aktifitas oleh sistem kepada pengguna, sehingga aktifitas itu akan dikerjakan oleh sistem komputer. Ketika pengguna memberikan langsung instruksi lewat manipulasi langsung dari semacam kenyataan maya (virtual reality) yang terpampang lewat tampilan yang muncul di layar. Penerapan manipulasi langsung yaitu:
- Kontrol proses, contoh : sistem pembangkitan dan penyaluran listrik yang terhubung dengan sistem secara online.
- Simulator merupakan sistem miniatur yang mencoba menirukan kerja suatu sistem yang berskala sangat besar atau sangat kecil jika dilihat dari kacamata orang awam. contoh : Simulator penerbangan.
- Perancangan berbantuan komputer Atau CAD (Computer Aided Design), contoh : penggunaan program AutoCAD,
Keuntungan manipulasi langsung yaitu:
- mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata
- mengurangi waktu pembelajaran
- memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata
- penampilan visual yang bagus
Kerugiannya yaitu:
- memerlukan program yang rumit dan berukuran besar
- memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi
- memerlukan piranti masukan seperti mouse, trackball
- memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu
Dialog Berbasis Interaksi Grafik
Dialog berbasis interaksi grafik (GUI) merupakan dialog yang menggunakan bentuk-bentuk visual, seperti grafik, ikon dan animasi. Contoh : Pada Microsoft Word ketika kursor mendekati suatu ikon akan muncul pesan yang menunjukkan arti ikon tersebut.
Refrensi :
Materi IMK Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta Program Studi Teknologi Informasi (UNISA)


Komentar
Posting Komentar