Materi 1
INTERKASI MANUSIA DAN KOMPUTER
www.taxifabric.org |
Saat ini perkembangan teknologi (komputer) sangat pesat, hampir setiap saat kita berhubungan dengan teknologi komputer. Pada awal perkembangan komputer tahun 1950, masih sangat sulit dioperasikan, tidak praktis, dan waktu eksekusinya sulit diprediksi. karena faktor penyebababnya iyalah ukuranya sangat besar dan harganya yang sangat mahal, hanya dapat dioprasikan oleh tenaga teknisi spesialis yang sudah terbiasa melakukan pemprograman secara on-line dengan menggunakan kartu plong (pouch card)
gambar pounc card |
Hanya sedikit yang diketahui tentang bagaimana membuatnya mudah digunakan.
Gambar komputer ENIAC |
Eniac adalah komputer peretama yang di buat, komputer ENIAC merupakan komputer elektronik yang mempunyai bobot sebesar 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2,4 m dan membutuhkan tenaga listrik yang sangat besar yaitu sampai mencapai 174 kilowatts.
Berbeda dengan kondisi saat ini komputer sudah jauh lebih murah, mudah di gunakan untuk hampir setiap kehidupan, sekarang pengetahuan tentang komputer sudah mudah dengan kita mempunyai pengetahuan cukup bagaimana agar komputer dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kerja manusia.
Perubahan Teknologi
- Penurunan harga komputer yangsangat dramatis dihasilkan oleh adanya perkembangan teknologi terutama teknologi microelectronic dalam bentuk keping silicon (IC).
- Kemampuan teknologi untuk memperkecil ukuran rangkaian serta mengkemas sejumlah rangkaian dalam satu keping tipis IC merupakan langkah menuju perkembangan komputer yang powerful dengan kapasitas penyimpan yang besar, namun dengan harga yang semakin murah.
- Perubahan teknologi telah membuka kemungkinan pengguna komputer yang lebih luas.
- Saat ini kehadiran komputer sudah tidak dapat dilepaskan dari dunia bisis dan industri modern.
- komputer juga dapat ditemukan dalam penggunaan aplikasi rumah tangga.
Kebutuhan Perancangan yang Berbeda
Agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik. Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik. Pengguna seharusnya tidak perlu memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, tetapi yang penting justru bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi kebutuhannya Analoginya adalah seperti kita menggunakan mobil atau motor, kita tidak perlu memikirkan bagaimana cara mesin bekerja.
Istilah IMK / HCI
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.
Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik. HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.
Keterkaitan IMK Dengan Disiplin Ilmu Lain
Prinsip kerja sebuah sistem komputer adalah adanya masukan – proses – keluaran (input –process – output). Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, ia akan melakukan interaksi atau berdialog dengan komputer menggunakan cara-cara tertentu.
Agar terjadi proses dialog yang baik, maka kita harus memahami watak atau karakter lawan dialog kita. Dalam konteks IMK maka perancang terutama harus memahami psikologi manusia, yang merupakan faktor penentu keberhasilan interaksi.
Sebagai contoh :
Teknik Elektronika dan komputer Mencangklup : Ergonomis - Psikologis - Perancangan Garafis dan Tripologi - Sosialogi - Linguistik - Antropologi
Aspek Aspek Dalam IMK
- Use and context of computers (U)
- Human characteristic (H)
- Computer system and interface architectur (C)
- Development proses (D)
Use and context of computers (U)
a. Social organization and work
IMK dalam kegunaannya bagi manusia sbg makhluk sosial dalam konteks kerja.
b. Application Areas
Berkaitan dengan karakteristik dalam area aplikasi.
c. Human-Machine Fit and Adaptation
Kesesuaian antara manusia dengan mesin yang dibangun.
Human characteristic (H)
a. Human Information Processing
Karakteristik manusia sebagai pemroses informasi.
b. Language, Communication and Interaction
Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain.
c. Ergonomics
Berkaitan dengan karakteristik antropometri dan fisiologis dan kaitannya dengan kenyamanan kerja.
Computer system and interface architectur (C)
a. Input and Output Devices
Konstruksi teknis pada peraltan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer.
b. Dialogue Techniques
Software dasar dan teknik-teknik dalam berinteraksi dengan manusia terdiri dari input dan output dialog, cara berinteraksi, dan masalah-masalah dalam dialog.
c. Dialogue Genre
Gaya / metode yang digunakan antara lain: penggunaan metafora, metode yang relevan dg media lain, aspek estetika.
d. Computer Graphics
Konsep – konsep dasar dari tampilan komputer meliputi: aspek geometris dalam 2D ataupun 3D, transformasi linear, tampilan warna.
e. Dialogue Architecture
Arsitektur software dan standar – standart untuk antar muka dengan user.
Development Process (D)
a. Design Approaches
Proses desain dan topik – topik yang relevan dari disiplin ilmu yang lain.
b. Implementation Techniques and Tools
Cara- cara dan peralatan implementasi.
c. Evaluation Techniques
Metode - metode spesifik untuk evaluasi.
Referensi Bacaan dan Sumber :
1. Santosa, P. Insap, 2010, Inteaksi Manusia dan Komputer Edisi 2, Andi Yogyakarta
2. Dix, Alan et.al, 2004, Human-Computer Interaction, Prentice Hall
3. Galitz, W.O., The Essential Guide to User Interface Design : An Introduction to GUI Design,Principles, and Techniques, John Wiley & Sons
4. Jennifer Preece, Yvonne Rogers, and Helen Sharp, 2002 Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, John Wiley
Komentar
Posting Komentar