Materi 1 Pengenalan Konsep IMK

Materi 1

INTERKASI MANUSIA DAN KOMPUTER

www.taxifabric.org


    Saat ini perkembangan teknologi (komputer) sangat pesat, hampir setiap saat kita berhubungan dengan teknologi komputer. Pada awal perkembangan komputer tahun 1950, masih sangat sulit  dioperasikan, tidak praktis, dan  waktu eksekusinya sulit diprediksi. karena faktor penyebababnya iyalah ukuranya sangat besar dan harganya yang sangat mahal, hanya dapat dioprasikan oleh tenaga teknisi spesialis yang sudah terbiasa melakukan pemprograman secara on-line dengan menggunakan kartu plong (pouch card)
gambar pounc card
 
Hanya sedikit yang diketahui tentang bagaimana membuatnya mudah digunakan.

gambar komuper petama yang disebut ENIAK
Gambar komputer ENIAC

    Eniac adalah komputer peretama yang di buat, komputer ENIAC merupakan komputer elektronik yang mempunyai bobot sebesar 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2,4 m dan membutuhkan tenaga listrik yang sangat besar yaitu sampai mencapai 174 kilowatts.

    Berbeda dengan kondisi saat ini komputer sudah jauh lebih murah, mudah di gunakan untuk hampir setiap kehidupan, sekarang pengetahuan tentang komputer sudah mudah dengan kita mempunyai pengetahuan cukup bagaimana agar komputer dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kerja manusia.

Perubahan Teknologi

  1. Penurunan harga komputer yangsangat  dramatis dihasilkan oleh adanya perkembangan teknologi terutama teknologi microelectronic dalam bentuk keping silicon (IC).
  2. Kemampuan teknologi untuk memperkecil ukuran rangkaian serta mengkemas sejumlah rangkaian dalam satu keping tipis IC merupakan langkah menuju perkembangan komputer yang powerful dengan kapasitas penyimpan yang besar, namun dengan harga yang semakin murah.
  3. Perubahan teknologi telah membuka kemungkinan pengguna komputer yang lebih luas.
  4. Saat ini kehadiran komputer sudah tidak dapat dilepaskan dari dunia bisis dan industri modern.
  5. komputer juga dapat ditemukan dalam penggunaan aplikasi rumah tangga.

Kebutuhan Perancangan yang Berbeda 

    Agar komputer dapat diterima secara luas  dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik. Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat  mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar  memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna  secara spesifik. Pengguna seharusnya tidak perlu memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, tetapi yang penting justru bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi kebutuhannya Analoginya adalah seperti kita menggunakan mobil atau motor, kita  tidak perlu memikirkan bagaimana cara  mesin bekerja.

Istilah IMK / HCI

    Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai  memikirkan aspek fisik dari antarmuka  pengguna sebagai faktor penentu  keberhasilan dalam pemasaran  produknya.

    Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus  yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik. HCI didefinisikan sebagai disiplin  ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena  di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar  sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.

Keterkaitan IMK Dengan Disiplin Ilmu Lain 

    Prinsip kerja sebuah sistem komputer  adalah adanya masukan – proses – keluaran  (input –process – output). Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, ia akan melakukan interaksi atau berdialog dengan komputer menggunakan  cara-cara tertentu.
Agar terjadi proses dialog yang baik, maka kita harus memahami watak atau karakter lawan dialog kita. Dalam konteks IMK maka perancang terutama harus memahami psikologi manusia, yang merupakan faktor penentu keberhasilan interaksi.
Sebagai contoh :
    Teknik Elektronika dan komputer Mencangklup : Ergonomis - Psikologis - Perancangan Garafis dan Tripologi - Sosialogi - Linguistik - Antropologi

Aspek Aspek Dalam IMK


  • Use and context of computers (U)
  • Human characteristic (H)
  • Computer system and interface architectur (C)
  • Development proses (D)
Use and context of computers (U)
 a. Social organization and work
     IMK dalam kegunaannya bagi manusia sbg makhluk sosial dalam konteks kerja.
 b. Application Areas
     Berkaitan dengan karakteristik dalam area aplikasi.
 c. Human-Machine Fit and Adaptation
    Kesesuaian antara manusia dengan mesin yang dibangun.

Human characteristic (H)
 a. Human Information Processing
    Karakteristik manusia sebagai pemroses informasi.
 b. Language, Communication and Interaction
    Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain.
 c. Ergonomics
  Berkaitan dengan karakteristik antropometri dan fisiologis dan kaitannya dengan kenyamanan kerja.

Computer system and  interface architectur (C)
 a. Input and Output Devices
   Konstruksi teknis pada peraltan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer.
 b. Dialogue Techniques
    Software dasar dan teknik-teknik dalam berinteraksi dengan manusia terdiri dari input dan output dialog, cara berinteraksi, dan masalah-masalah dalam dialog.
 c. Dialogue Genre
   Gaya / metode  yang digunakan antara lain: penggunaan metafora, metode yang relevan dg media lain, aspek estetika.
 d. Computer Graphics
    Konsep – konsep  dasar dari tampilan komputer meliputi: aspek geometris dalam 2D ataupun 3D,  transformasi linear, tampilan warna.
e. Dialogue Architecture
    Arsitektur software dan standar – standart untuk antar muka dengan user.

Development Process (D)
a. Design Approaches
    Proses desain dan topik – topik yang relevan dari disiplin ilmu yang lain.
b. Implementation Techniques and Tools
    Cara- cara dan peralatan implementasi.
c. Evaluation Techniques
    Metode -  metode spesifik untuk evaluasi.




Referensi Bacaan dan Sumber :

1. Santosa, P. Insap, 2010, Inteaksi Manusia dan Komputer Edisi 2, Andi Yogyakarta

2. Dix, Alan et.al, 2004, Human-Computer Interaction, Prentice Hall

3. Galitz, W.O., The Essential Guide to User Interface Design : An Introduction to GUI  Design,Principles, and Techniques, John Wiley & Sons

4. Jennifer Preece, Yvonne Rogers, and Helen Sharp, 2002 Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, John Wiley

Komentar