Materi 5
Interaksi Manusian Dan Komputer
Manipulasi Langsung
www.markey.id/ |
Manipulasi langsung merupakan kesan atau perasaan antarmuka.
Manipulasi langsung adalah interaksi manusia-komputer yang melibatkan
representasi gaya kontinu objek kepentingan, dan cepat, reversibel, kenaikan
tindakan dan umpan balik.
Tujuannya : adalah untuk memungkinkan pengguna untuk secara
langsung memanipulasi objek disajikan kepada mereka, menggunakan tindakan yang
sesuai setidaknya longgar ke dunia fisik. Setelah metafora dunia nyata untuk
benda dan tindakan dapat memudahkan user untuk mempelajari dan menggunakan
antarmuka (beberapa mungkin mengatakan bahwa antarmuka yang lebih alami atau intuitif),
dan cepat, umpan balik tambahan memungkinkan user untuk membuat kesalahan yang
lebih sedikit dan lengkap tugas dalam waktu kurang, karena mereka dapat melihat
hasil dari suatu tindakan sebelum menyelesaikan
tindakan.
Secara definisi :
- Manipulasi langsung adalah mengklik dan menggeser objek pada layar tampilan
- Manipulasi visual karena pentingnya sesuatu yang kita lihat selama prosesberlangung (Cooper dan Raiman,2003)
Contoh :
- Game Mobil
- Menggeser sebuah berkas dan menjatuhkannya dalam kotak sampah
Sifatnya :
- sederhana
- langsung
- mudah digunakandan
- mudah diingat
Keuntungan
a. Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata
b. Mengurangi waktu pembelajaran dan memgerikan tantangan
untuk ekploitasi pekerjaan yang nyata
c. Penampilan visual yang bagus dan mudah dioperasikan
d. Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang
ragam dialog manipulasi langsung.
Kerugian
a. Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar
b. Memerlukan tampilan grafis yang berkinerja tinggi
c. Memerlukan piranti masukan seperti maous, dll
d. Memerlukan rancangan tampilan dengan kualifikasi
tertentu.
Contoh Sistem Manipulasi Langsung
- Representasi visual tidak selalu merupakan peningkatan dari teks karena dapat terlalu menyebar dan menyesatkan
- Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual
- Bagi juru ketik yang berpengalaman, memindahkan mouse atau menunjuk sesuatu bisa lebih lambat daripada mengetik
- Hutchin (1985) bahwa dalam antar muka manipulasi langsung, ide tentang directness sangat penting untuk dipahami, meripakan gagasan tentang arah.
- Manipulasi langsung adalah kesan atau perasaan tentang antarmuka, yang terbagi menjadi duaaspek :
- aspek jarak : directness menunjukan jarak antara yang dipikirkan oleh pengguna dengan kebutuhan fisik sistem yang digunakan.
- keterlibatan : berurusan dengan perasaan keterlibatan secara kualitatif
- Kenampakan objek yang menjadi perhatian
- Penggantian bahasa yang rumit dengan tindakan yang memanipulasi objek yang nampak secara langsung
- Tindakan bertahap pada antarmuka dengan umpan balik segera untuk semua tindakan yang diambil.
- Kebenaran sintaksis untuk semuatindaka, sehingga semua tindakan penggunamerupahkan langkah yang sah.
- Untuk tindakan dapat dibatalkan, sehingga pengguna dirangsang untuk menjelajah suatu produk tanpa takut konsekkuensi karena berbuat kesalahan.
- Fase bebas : fase sebelum pengguna melakukan suatu tindakan.
- Fase aktivitas : fase ketikapengguna mulaimelakukanpenggeseran.
- Fase penghentuan: fase setelah penggunamelepas tombol ketikus.
Tetikus sebagai salah satu peranti interaktif yang paling banyak digunakan sebagai peranti penunjuk (pointing device) Contoh : Tetikus mekanis dan Tetikus optis
Penyediaan tetikus dengan beberapa tombol
- Macinthos : tetikusnya mempunyai sebuah tombol.
- Microsoft menggunakan duabuah tombol
- Komunitas unix menggunakan tiga buah tombol
- Tombol kiri : untuk melakukan fungsi manipulasi seperti memilih, menggambar dll
- Tombol kanan : untuk akses langsung ke properti dan tindakan berdasarkan koteks pada objek dan fungsi.
- Tombol tengah : dimanfaatkan untuk tombol singkat, misal mengatur drivernya, mewakili klik ganda pada tombol kiri.
Referensi :
- Santosa, P. Insap, 2010, Inteaksi Manusia dan Komputer Edisi 2, Andi Yogyakarta
- Dix, Alan et.al, 2004, Human-Computer Interaction, Prentice Hall
- Galitz, W.O., The Essential Guide to User Interface Design : An Introduction to GUI Design, Principles, and Techniques, John Wiley & Sons
- Jennifer Preece, Yvonne Rogers, and Helen Sharp, 2002 Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, John Wiley
- Manipilasi Langsung di akses pada 27 April 2022 pada laman https://komputer-manusia.blogspot.com/2019/11/manipulasi-langsung-imk.html
- Materi Pertemuan 5 Matakuliah IMK Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Komentar
Posting Komentar